Studi Kasus Dampak Aplikasi New Media : Tokopedia

Studi Kasus mengenai Dampak Yang Muncul dari Aplikasi New Media.

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELKANG

E-Commerce merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam dunia internet. Penggunaan sistem ini sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual (retail). Konsep online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional. Selain proses transaksi bisa menjadi lebih cepat, di internet telah disediakan hampir semua barang yang biasanya dijual secara lengkap.

Di sisi lain, pada saat ini bisnis toko bunga di Indonesia khususnya Jawa Timur pun telah berkembang cukup baik. Sudah ada penerapan model bisnis e-commerce pada bisnis tersebut, namun layanan transaksi dan informasi bunga dalam bentuk website umumnya bersifat kaku dan juga kurang menarik. Di tengah semakin tingginya mobilitas masyarakat yang merupakan kandidat konsumen bisnis bunga, website yang hanya diakses melalui PC (personal computer) yang terhubung dengan internet secara langsung masih memberikan sebuah keterbatasan yang membuat berkurangnya peluang untuk terjadinya sebuah transaksi pada bisnis bunga tersebut. Maka dari itu diharapkan sebuah solusi alternatif yang memungkinkan melakukan transaksi ataupun mengakses informasi tanpa bergantung pada sumber informasi dan lokasi akses sehingga memberikan layanan yang lebih fleksibel bagi konsumen. Sebuah penerapan teknologi yang melengkapi model yang telah ada dan diharapkan memberikan kemudahan yang mendorong terjadinya sebuah transaksi pada bisnis toko bunga. Berdasarkan perkembangan teknologi khususnya teknologi ponsel, tugas akhir ini akan menerapkan sebuah konsep multitouch point e-commerce pada bisnis toko bunga. Penerapan teknologi melalui media ponsel akan memberikan aksesibilitas dan fleksibilitas yang lebih, dalam melakukan transaksi maupun mendapatkan informasi mengenai bunga yang diinginkan. Tugas akhir ini akan menerapkan teknologi SMS Gateway dan Mobile Web Application serta J2ME (Java 2 Mobile Edition) yang dapat diimplementasikan pada perangkat mobile konsumen. Dengan ini konsumen dapat melakukan transaksi maupun mendapatkan informasi mengenai bunga yang akan dipesan lebih cepat, praktis, familiar dan simpel.

Media ponsel merupakan media yang sudah sangat familiar di masyarakat. Menurut sumber data dari Badan Regulasi Telekomunikasi (BRTI) tahun 2007, bahwa jumlah pengguna handphone di Indonesia mencapai 80 juta orang, dan pasarnya bertambah dengan cukup pesat. Juga didukung data dari APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) yang menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia tahun 2007 mencapai 27 juta orang, sangat menginginkan kemudahan mengakses informasi dengan cepat di perangkat mobile (handphone, pda, dsb) . Kecenderungan masyarakat yang sangat senang menggunakan layanan SMS dapat digunakan sebagai sarana yang reprensentatif karena layanan ini sudah sangat familiar di lingkungan masyarakat.

Penerapan teknologi ini disusulkan sebagai tindakan kongkrit untuk melakukan perluasan pemasaran pebisnis toko bunga, dan menjadi sebuah keunggulan kompetitif yang sangat representatif karena sudah tidak waktunya lagi pebisnis toko bunga menunggu untuk mendapatkan konsumen. Tetapi dengan ini pebisnis akan menjemput konsumen, membawakan seisi toko bunga dan meletakkan pada genggaman mereka.

Rumusan Masalah
1. Apa Saja Dampak yang muncul dari E-Commerce Tokopedia?

BAB II
PEMBAHASAN

Tentang Tokopedia
Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.

Dengan visi "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.

Kelebihan Tokopedia

 1.Beraneka Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan karena barangnya saja cuma sedikit. Nah di tokopedia terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di Tokopedia.
2.Website yang user friendly
Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di Tokopedia juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
3. Sering Mengadakan Promo
Tokopedia selalu mengadakan promo-promo tertentu seperti cash-back, gratis ongkos kirim dan juga sering mengadakan promo tertentu pada layanan-layanan tertentu.
4. Banyaknya Pilihan Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan. Hingga awal tahun 2017, terdapat belasan metode pembayaran yang dikategorikan menjadi 2 macam kategori pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, yaitu sistem pembayaran instan dan sistem pembayaran manual.

Kekurangan Tokopedia 
a.       Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami eror. 
b.      Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal. 
c.       Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam. 
d.      Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli. 
e.       Sering terjadi perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relative tinggi. 
f.       Peluang barang lebih banyak lalu pada member Gold Marchantmasih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa. 
g.      Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara optimal berkurang. 
h.      Tidak memiliki fitur diskon yang terbatas waktu.


Dampak Positif dan Negatif E-Commerce. 

Didalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak positif dan negatifnya. 
Dampak positifnya, yaitu : 
1.      Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. 
2.      . Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). 
3.      Menurunkan biaya operasional(operating cost)
 4.      Melebarkan jangkauan (global reach). 
5.      Meningkatkan customer loyality. 
6.      Meningkatkan supplier management. 
7.      Memperpendek waktu produksi. 
8.      Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan) 
9.      Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah. Secara umum, implementasi e-commerce dalam bisnis dapat meningkatkan kualitas dari produk/service serta menurunkan biaya produksi yang akhirnya akan menurunkan harga penjualan. Ketika konsumen dapat memilih produk/service yang terbaik baginya, produsen terus semakin berlomba meningkatkan kualitas dari produk/service yang ada dan terus mencari ide-ide baru yang disukai pasar serta berusaha mengurangi biaya produksi agar tetap mendapatkan harga produk/service yang terjangkau. Jika siklus ini berjalan dengan baik, tingkat produksi dan kualitas akan terus meningkat, ragam dari produk/service akan semakin banyak dan harga akan semakin terjangkau. Selain itu semakin menumbuhkan kreatifitas dan keberanian bagi pemula bisnis untuk memulai usahanya karena setiap orang dapat memulai bisnisnya walau sekecil apapun dan sebegitu spesial produk/service yang dihasilkan. 

Dampak negatifnya, yaitu : 

1.      Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada. 
2.      Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. 
3.      Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam. 
4.      Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri. 
5.      Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. 
6.      Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Tokopedia ini merupakan bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online. Adanya pesaing merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga, pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menembus pasar.

Saran
Adapun saran yang dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah sebagai berikut :
a.       Agar selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi dan layanan yang diberikan.
b.      Selain itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang mereka lihat di website.
c.       Selalu memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk membeli.

Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/tokopedia
http://albertpunyaku.blogspot.co.id/2010/12/dampak-e-commerce-terhadap-masyarakat.html 
Related Posts